Bab 1 kewirausahaan

BAB 1
Wirausaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda

A. Karakteristik Kewirausahaan
Wirausaha,menurut asal katanya, terdiri atas kata wira dan usaha. Wira, berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur,gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Pengertian wirausaha menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun kegiatan untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya. Pelaku wirausaha, dikenal juga dengan sebutan wirausahawan atau entrepreneur, adalah seseorang yang memiliki kualitas jiwa kepemimpinan dan inovator pemikiran dalam melakukan usaha. Entrepreneur dapat diartikan juga sebagai seseorang yang mampu mewujudkan ide kedalam sebuah inovasi yang sukses.
Kewirausahaan, seperti tercantum dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Entrepreneurship adalah sikap dan perilaku yang melibatkan keberanian mengambil risiko, kemampuan berpikir kreatif dan inovatif.
Sifat - sifat seorang wirausahawan sebagai berikut :
1. Percaya Diri
Kepercayaan diri merupakan paduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan, yang bersifat internal, sangat relatif dan dinamis dan banyak ditentukan oleh kemampuannya untuk memulai, melaksanakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan.
2. Berorientasikan Tugas dan Hasil
Seseorang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan, dan kerja keras.
3. Berani Mengambil Risiko
Wirausahawan menghindari situasi risiko yang tinggi karena ingin berhasil.Pada situasi ini, ada dua alternatif yang harus dipilih, yaitu: alternatif yang mengandung risiko dan alternatif yang konservatif.
4. Kepemimpinan
Adalah sikap yang dimiliki oleh seorang pemimpin diantaranya memiliki visi yang jelas, memiliki integritas dan kejujuran, mampu berkomunikasi dengan baik, menjadi teladan, rendah hati, mau mendengar, mampu memotivasi orang lain untuk melakukan tugasnya dan berlaku adil.
5. Keorisinalitas/ Keaslian
Keaslian ide, gagasan, pemikiran dan keputusan dapat diperoleh dengan keluasan wawasan dan kemampuan berpikir kreatif, serta melihat peluang yang ada.
6. Berorientasi ke Masa Depan
Seseorang dengan kewirausahawan berani melihat peluang dan tantangan tidak hanya disaat ini, melainkan juga dimasa depan.

B. Perencanaan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda
Budaya Tradisional sebagai Sumber Inspirasi
Indonesia sangat kaya dengan budaya tradisional yang merupakan adat istiadat yang berlaku pada setiap kelompok etnik atau suku bangsa.
Budaya tradisi dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:
1. Budaya Nonbenda yaitu pantun, cerita rakyat, tarian, dan upacara adat.
2. Artefak/ Objek Budaya yaitu pakaian daerah, wadah tradisional, senjata dan rumah adat.

Setiap jenis budaya tradisi baik non benda maupun artefak / objek budaya dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan. Hingga saat ini, tercatat 4156 warisan budaya Nonbenda yang terdapat di seluruh Indonesia.

Sumber Daya, Material, Teknik dan Ide Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda
Kegiatan wirausaha didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia, material, peralalatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan. Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal dengan sebutan 6 M, yaitu:
1. Man ( manusia)
2. Money ( uang )
3. Material ( bahan )
4. Machine ( peralatan )
5. Method ( cara kerja )
6. Market ( pasar ).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah tari kreasi

Tari Kreasi

Makalah siklus hidup hewan